Sabtu, 08 Oktober 2011

PERKEMBANGAN TIK PERKEMBANGAN


PERKEMBANGAN TIK



Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Selain itu perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini juga sangat berpengaruh dalam bidang kehidupan, seperti dalam bidang Keuangan dan Perbangkan, dalam bidang Pendidikan, dalam bidang Ekonomi, dan lain-lain. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat Dunia.

Dan kali ini kita akan membahan perkembangan tentang Antivirus dan Virus.
Perkembangan Antivirus menurut generasinya, di bagi menjadi empat yaitu :

1.                   Generasi pertama : “scanner sederhana“. Antivirus menscan program untuk menemukan signature virus. Teknis ini terbatas untuk deteksi virus-virus yang telah dikenal.
2.                   Generasi kedua : “scanner yang pintar” (heuristic scanner). Antivirus menggunakan aturan-aturan pintar (heuristic rules) untuk mencari kemungkinan infeksi virus.
3.                   Generasi ketiga : jebakan-jebakan aktivitas (activity trap). Program antivirus merupakan program yang menetap di memori (memory resident program). Program ini mengidentifikasi virus melalui aksi- aksinya bukan dari struktur program yang diinfeksi.
4.                   Generasi keempat : proteksi penuh (full featured protection). Antivirus generasi ini menggunakan beragam teknik antivirus secara bersamaan. Teknik-teknik ini meliputi scanning dan jebakan-jebakan aktivitas.

Macam macam Antivirus:

1.       SMADAV
2.       Avira
3.       Avast
4.       Komodo, dan lain-lain


Namun Antivirus juga dapat membahayakan komputer. Mengapa demikian. Sejak pertama ditemukan virus telah mengalami perkembangan teknologi yang cukup besar, demikian juga program Antivirus yang ada. Sayangnya perkembangan Antivirus biasanya hanya mengejar perkembangan Virus dan bukan berusaha mendahuluinya. Antivirus yang ketinggalan (teknologinya) justru dapat mengundang bahaya bagi pemakai. Ketika Virus-virus berhasil dideteksi keberadaannya, Virus-virus yang baru selalu bermunculan dengan teknologi yang lebih canggih yang membuat Antivirus menjadi tak berdaya . Antivirus yang lama misalnya, selalu dapat di-'tipu' dengan teknologi stealth, dengan demikian ketika Antivirus ini berusaha mendeteksi file-file yang lain, Virus yang stealth tadi justru menyebarkan dirinya ke setiap file yang diperiksa. Bahaya yang lebih menakutkan adalah jika Antivirus salah mendeteksi suatu Virus dan salah membersihkannya sehingga file program yang Anda coba untuk perbaiki justru menjadi rusak. 

Sekarang bagaimana dengan perkembangan Virus. Jika dicermati, Perkembangan Virus dan Antivirus dari waktu ke waktu cukup menarik, ini terkait dengan perkembangan teknologi computer atau teknologi informasi yang tumbuh dengan pesat.sejarah perkembangan Virus sendiri cukup menarik untuk diikuti. Seperti halnya perkembangan Virus.

Namun sayangnya tidak ada kepastian kapan pertama kali virus komputer dite-mukan.Ada sumber yang mengatakan sejarah Virus berawal pada tahun 1949 ketika John Von Neuman, mengungkapkan "teori self altering automata" yaitu hasil riset para ahli matematika. Pada tahun 1960 para ahli di lab BELL (AT&T) mencoba-coba teori yang diungkapkan oleh John V Neuman, mereka bermain-main dengan teori tersebut untuk suatu jenis game. Akan tetapi lama kelamaan mereka pun sadar dan mulai mewaspadai permainan ini dikarenakan program ini makin lama makin berbahaya.

Sementara Virus Scan Software menemukan virus pertama kali pada awal th 1970-an dimana dua program komputer yang diberi nama Pervading Animal dan Christmas Tree menginfeksi sistem berbasis Univac 1108 dan IBM 360/370. Namun sumber lainnya menyebutkan sebuah program komputer bernama “Elk Cloner” diyakini sebagai virus komputer pertama yang dibuat Rich Screnta pada tahun 1982 dan menyebar pada sistem operasi Apple Disk Operating System (DOS) Versi 3.3 melalui media floppy disk

Pada tahun 1987 muncul jenis Virus baru yang menerapkan algoritma replikasi di kode programnya. Sebut saja the Leigh,virus yang menginfeksi file command.com ini berhasil menular ke banyak sistem yang mengoperasikan DOS. Ternyata banyak yang terinspirasi dengan The Leigh ini, karena setahun berikutnya muncul virus Jerussalem yang menginfeksi hanya pada tgl 13 tiap bulannya.Jerussalem dikenal sebagai Virus pertama yang dikategorikan penyebab kerusakan. Virus ini menghapus program yang sedang berjalan pada tgl penularan. Karena perkembangan Virus dinilai sudah sangat merugukan. Sehingga dicari cara untuk mencegah penyebarannya, yaitu dengan adanya Antivirus, dan perusahaan besar pertama yang membuat Antivirus adalah Symantec dengan produk norton antivirus di th 1990.

Uniknya, begitu Antivirus ditemukan, perkembangan Virus justru semakin menjadi-jadi. Di tahun 1992 tercatat sebanyak 1300 Virus beraktivitas menginfeksi komputer di seluruh dunia, atau meningkat 420 % dari tahun 1990. jika di awal perkembangan Virus file program menjadi sasaran utamanya , th 1995 virus mulai menular pada File dokumen produksi Microsoft (Microsoft Word) menjadi sasaran baru dengan, memanfaatkan kelemahan feature makro yang ada di program Microsoft, sehingga Virus dikenal dengan Virus Makro. Dan selanjutnya perkembangan Virus mulai melirik dunia Internet sebagai sarana penyebarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar